Lampung Ternyata Kaya (Part 2)

8:00 am

Kita lanjut cerita jalan-jalan di Lampung yaaa. Cerita sebelumnya di sini

Destinasi kita selanjutnya adalah Teluk Kiluan. Mau ngapain? Lihat lumba-lumba! Untuk ke wisata ini, kita harus datang sehari sebelumnya dan menginap di sana karena Dolphin Tour itu pagi sekali. Untuk akses ke sana, lumayan jauh dan jalannya sangat tidak bersahabat. Dari Dermaga Pahawang, masih harus menempuh 1,5-2 jam dengan jalanan yang sangat mengocok perut. Jalan paling kacau dari jalanan yang pernah kulalui sehingga tidak disarankan jalan malam seperti keluargaku kemarin. Kebayang gak? Jalannya mengocok perut lalu temaram. Menuju Teluk Kiluan pun, ada turunan yang cukup ekstrim. Gila juga ada jalanan kayak gitu. Lebih kacau dari kelok 44 ke Maninjau :') Oiya ke Kiluan, mending booking dulu biar gak bingung cari tempat penginapan. Rumah anyaman gitu tapi nyaman dan bersih terus tidurnya ditemenin suara laut. Biasanya penginapannya juga menyediakan Dolphin Tour itu. Juga menyediakan paket makan karena jangan harap bisa nemuin warung makan di sana. Makanannya lumayan kok 15k/orang dengan porsi yang lengkap, enak dan unik. Iyaa, ku makan malem pake ikan gatau diapain, bumbunya juga gatau bumbu apa tapi enak bangettt.

Dolphin Tour itu berangkat jam 6 pagi. Oiya paketnya seharga 300-350k/perahu yang bisa diisi maksimal 3 orang. Perahunya emang pake perahu jungkut yang kecil banget. Bayangin yaa perahu sekecil itu melaju melawan ombak ke arah samudera. Rasanya kayak naik wahana tapi ini realita. Kalo jatoh ke laut yaa yassalam. Setelah satu jam mengarungi samudera, kita sampai di titik lihatnya. Nunggu dulu bareng dengan perahu-perahu lain. Tiba-tiba, Bapak yang nyetirin perahu kita ngomong "Lihat kanan, neng!". Lah bener dong ada lumba-lumba migrasi sekelompok gitu. Teriak-teriak heboh dong karena excited banget bisa lihat wild life langsung. Petualangan pun dimulai dengan kita yang cari lumba-lumba dan Bapaknya yang nyetirin ke arah spot-spot yang bisa lihat lumba-lumba. Perjalanan cari lumba-lumba - excited - cari lumba-lumba - excited itu berlangsung selama sejam sampai udah sepi karena lumba-lumbanya udah lewat. Balik dari spot itu, gak langsung balik karena kita berhenti dulu di Pulai Kiluan. Di sini, airnya sangat jernih dan bergradasi gitu. Pasirnya juga halus. Nah iya kan main mulu di Pantai. Kebayang dong kelingnya kayak apa :(





Selain itu, di Kiluan juga ada wisata Laguna--apa ya lupa namanya. Masuk ke sana kita cuman diminta 6k/orang. Biasanya orang sana nawarin Guide. Tapi setelah dijalanin, jalannya cukup jelas kok dan gak perlu Guide, jadi gak pake juga gapapa. Lumayan irit 50k haha. Letak lagunanya di balik Bukit jadi harus hiking dulu sekitar 30 menit. Mayan juga sih buat orang yang olahraganya cuman Zumba di kamar kayak diriku haha. Laguna itu adalah semacam kolam yan terbentuk alami, biasanya di tepi laut. Jadi kalo lagi surut, ada Lagunanya. Kalo pasang, Lagunanya hilang. Serunya berenang di Laguna itu rasanya nature banget haha. Bawahnya karang, berenang bareng ikan-ikan kecil tapi tetep merasa safe tanpa perlu pake pelampung--eh pake sih kalo Lagunanya yg 3 meter mah. Ku pake pelampung buat mengapung gitu, damai banget rasanya. Tapi pas balik, rasanya gak damai lagi karena harus hiking lagi untuk sampai ke penginapan.




Kalo wisata dalam kotanya, gak banyak guys. Kemarin sih hanya sempat ke Puncak Mas. Ini wisata kekinian ala-ala gitu--yang ada tempat foto-foto hits. Letaknya di Bandar Lampung yang bagian bukit. Duh lupa nama daerahnya tapi yaa tahu arahnya haha. Kalo mau ke sana enaknya sore-sore. Pas ke sana kemarin, lagi mendung hujan rintik-rintik gitu. Jadi view ke kota dan laut gak gitu jelas padahal seru banget kan yaa sebelah kanan laut, kirinya kota. Karena mendung, sunsetnya jadi gak maksimal sih. Tapi gantinya, dapet pelangi. Kulihat pelangi yang benar-benar setengah lingkaran, terus teriak-teriak happy. Malemnya, dapet city light kan. Cool sekali. Asik sih tapi yang agak annoy juga karena banyak banget yang foto-foto. Yaa namanya juga wisata kekinian ya.





Sekian jalan-jalan di Lampung. Semoga bisa segera jalan-jalan di tempat lain.

You Might Also Like

0 comments